Tuntunan Sholat Tahajud Lengkap


Kali ini blog Tuntunan sholat lengkap akan membahas tuntunan sholat tahajud lengkap dengan bacaannya dan doanya yang benar sesuai sunnah menurut rasulullah dan para ulama salafi

Kita tahu bahwa sholat tahajud sendiri ialah sholat sunah yang dikerjakan malam hari setelah bangun tidur dengan jumlah raka’at minimal 2 raka’at dan maksimal tidak terbatas. Namun ada yang mengatakan maksimal 8-12 rakaat. Sholat tahajud merupakan sholat sunat yang sangat dianjurkan oleh Rosulullah. Bisa dikatakan tidak ada malam yang beliau lewati tanpa sholat tahajud di dalamnya. Nah kita yang mengaku sebagai umat Beliau, maka sudah seharusnya untuk selalu mengikuti kebiasaan Rasulullah SAW ini.

Sayangnya, sedikit sekali dari kita yang melaksanakan salah satu sholat malam ini. Alasannya macam-macam. Ada yang disebabkan karena tidak mengetahui ilmunya, tidak mengetahui keistimewaannya, dikalahkan oleh rasa malas yang berlebihan dan oleh berbagai penyebab yang lainnya. Yang jelas, rasa-rasanya sedikit sekali dari kita yang menjadikan sholat tahajud sebagai ibadah rutin.

Hukum melaksanakan sholat tahajud adalah sunnah. Nmaun hukum sunat yang disematkan pada sholat tahajud, bukanlah sunat yang biasa. Sholat tahajud hukumnya sunnah muakkad yaitu sangat disunnahkan atau sangat dianjurkan.

Definisi lainnya dari sunnat muakkadah ialah ibadah sunnat yang jarang sekali ditinggalkan oleh Rasulullah SAW, atau sunnah yang selalu dikerjakan oleh Rasulullah SAW. Contoh sholat sunnah muakkad yang lain adalah sholat dhuha dan sholat tarawih.

Adapun dalam hal tata cara melakukan sholat tahajud, hal ini tidak ada perbedaan dengan cara melakukan sholat sunat pada umumnya yang diawali dengan niat dan diakhiri dengan salam. Hanya saja terdapat perbedaan bacaan niat sholatnya saja.

Waktu mengerjakan sholat tahajud dilakukan hanya pada malam hari setelah sholat isya sampai masuk waktu sholat subuh dan dilakukan setelah sobat tertidur atau bangun tidur walaupun tidurnya hanya sebentar saja, sehingga jika sobat mengerjakan sholat tahajud ini sebelum tidur dahulu, maka bisa dipastikan bahwa sholat tersebut hanya sholat sunah biasa dan bukan sholat tahajud.

Hal ini berdasarkan keterangan dari Imam Ramli, seorang ulama bermazhab Syafi’i. Di dalam kitab beliau yang berjudul Nihaayatul Muhtaaj Ilaa Syarhil Minhaaj, beliau menulis :

ويسن (التهجد) بالإجماع لقوله تعالى {ومن الليل فتهجد به نافلة لك} [الإسراء: 79] ولمواظبته – صلى الله عليه وسلم – وهو التنفل ليلا بعد نوم

Sholat Tahajud disunnahkan dengan kesepakatan ulama berdasarkan firman Allah SWT (dan pada sebagian malam hari sholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu (QS. Al-Isra’ ; 79)) dan juga berdasarkan ketekunan Rasulullah Muhammad SAW dalam melaksanakannya. Sholat Tahajud adalah sholat sunnah di malam hari setelah tidur.
(Syaikh Syihaabuddin Ar-Ramli, Nihaayatul Muhtaaj Ilaa Syarhil Minhaaj, halaman 131 juz 2)

Waktu sholat tahajud sebaiknya dilakukan pada saat waktu terbaik yakni di sepertiga malam yang akhir, atau mulai jam 2 pagi hingga sebelum shubuh karena waktu tersebut merupakan waktu paling utama untuk mengerjakan sholat tahajud ini.

Keistimewaan dari sholat tahajud ini cukup banyak, yaitu :
- Allah SWT akan memberi perlindungan buat sobat dari segala macam bencana atau bala
- wajah akan nampak bersinar
- akan dicintai oleh Alloh dan hamba Alloh
- akan mendapatkan pahala yang banyak
- akan diampuni segala dosa-dosanya
- akan di kabulkan segala hajat dan doanya

Manfaat sholat tahajud diatas sudah diterangkan dalam firman Alloh Swt pada Surat Al Isra ayat 79


وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدَبِهِ نَا فِلَةً لَكَ عَسَى اَنْ يَبْعَسَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُوْدًا

"Hendaknya kamu gunakan sebagian waktu malam itu untuk sholat tahajud, sebagai shalat sunat untukmu, mudah-mudahan Tuhanmu akan membangkitkan engkau dengan kedudukan yang tepuji" 
(Quran Surat Al Isro : 79)

Ayat Al Quran di atas sudah sangat jelas sekali, memerintahkan kita agar membiasakan diri dalam mengerjakan sholat tahajud pada malam hari. Sholat tahajud yang diperintahkan dalam ayat di atas adalah ibadah plus atau tambahan buat hambanya. Tetapi, perintah dari Allah pada ayat di atas jangan diartikan sebagai sebuah kewajiban, karena berdasarkan kesepakatan ulama fiqih bahwa hukum melakukan sholat tahajud adalah sunnah.

Di dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad bersabda :

“Hendaklah kamu melakukan shalat malam, sebab shalat malam merupakan kebiasaan yang dikerjakan orang-orang sholeh sebelum kalian, ia adalah ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kamu, sebagai penghapus berbagai kesalahan dan juga pencegah perbuatan dosa.” 
(HR. Tirmidzi)

Yang dimaksud dengan sholat malam antara lain sholat tahajud, sholat witir sholat tarawih.


Tuntunan Sholat Tahajud Lengkap

Orang yang sedang sholat tahajud
(Sumber : ilmuislami.com)

Tuntunan Sholat Tahajud Lengkap

Bacaan Niat Sholat Tahajud Lengkap
Lafazh niat sholat tahajud adalah sebagai berikut:

أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ

USHOLLII SUNNATAT TAHAJJUDI ROK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA
Aku niat sholat sunah tahajud dua raka’at karena Alloh Ta’ala

Bacaan niat ini dibaca ketika hendak melakukan takbiratul ihram. Hukum membacanya adalah sunnah, bukan wajib. Sehingga jalau seandainya saja sebelum membaca takbir sobat lupa tidak membaca bacaan niat di atas, maka hukumnya tetap sah.

Adapun qashad niat adalah ungkapan di dalam hati. Biasanya qashad niat dilakukan dalam bahasa daerah masing-masing agar mudah. Ketika sobat mengucapkan lafazh takbiratul ihram, maka disaat itulah sobat juag harus mengqashad untuk melakukan sholat tersebut.

Saat kita takbiratul ihram dan membaca اَللهُ اَكْبَرُ, saat itu juga di dalam hati kita berniat “aku niat sholat tahajud 2 rakaat karena Allah ta’ala”.

Adapun bacaan qashad niat itu dapat berbeda-beda dan hal ini disesuaikan saja dengan bahasa yang digunakan masing-masing, yang penting jelas nama ibadahnya dan dikerjakan untuk Allah SWT.

Setelah membaca niat sholat tahajud sambil takbiratul ihram, lalu dilanjut dengan membaca iftitah, surat Al Fatihah, lalu membaca surat pada rakaat pertama dan kedua, ruku, i'tidal, sujud sampai yang terakhir tasyahud dan salam. Sebagian ulama berpendapat bahwa sunat membaca surat Al Kafirun atau Qulya pada rakaat ke satu dan Al Ikhlas atau Qulhu pada rakaat ke dua.

Yang perlu diperhatikan adalah sholat tahajud harus dikerjakan dua rakaat sekali salam. Tidak boleh 4 rakaat sekaligus baru salam.

Kemudian, jangan terlalu tergesa-gesa di dalam sholat. Banyak orang yang mengejar target jumlah rakaat sholat, akhirnya dia sholat dengan tergesa-gesa dan tidak sempurna. Ingat tujuan dari sholat adalah mengingat Allah SWT. Oleh karena itu, sudah seharusnya dikerjakan sebaik dan sesempurna mungkin.

Doa Setelah Sholat Tahajud
Selesai melakukan sholat tahajud, sobat disubatkan untuk selalu berdoa kepada Allah SWT. Kita bisa meminta apa saja kepada Allah selama itu adalah hal yang baik. Tidak dibatasi harus meminta hal tertentu saja.

Namun, ada doa khusus yang sudah disusun oleh para ulama untuk kita baca setelah sholat tahajud selesai yang sebelumnya diawali dulu dengan bacaan-bacaan dzikir seperti membaca istighfar, tasbih, tahmid, dan shalawat Nabi.

Bacaan dzikir dan istighfar tersebut sebaiknya dibacakan sebanyak-banyaknya atau minimal sebanyak 100 kali, setelah itu bisa dilanjutkan dengan membaca tasbih dan shalawat nabi.

Fungsi dari berdzikir itu untuk semakin mendekatkan diri kita kepada Sang Pecipta Allah Swt sehingga sebaiknya dibaca dengan ikhlas dan khusyu. Setelah sobat selesai berzikir sobat bisa langsung membaca bacaan doa setelah sholat tahajud di bawah ini.

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ
وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ
وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ
وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ
اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ
فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ
اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waatiwal ardhi wa man fiihinna. 
Wa lakal hamdu angta malikus samaawaati wal ardhi wa mang fiihinna. 
Wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. 
Wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun, was saa’atu haqqun. 
Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu.
Faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii. 
Antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah

“Wahai Allah, Milik-Mu lah segala puji.
Engkau yang menjadi Penegak serta Pengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada di dalamnya.
Milik-Mu lah segala puji, Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya.
Milik Engkau segala puji, Engkau adalah Cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya.
Milik-Mu lah segala puji, Engkaulah Yang Hak (benar), janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad SAW itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada).
Wahai Allah, Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum.
Oleh karena itu, ampunilah segala dosaku, yang telah aku lakukan dan yang mungkin akan aku lakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku.
Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. Tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Jika bacaan doa setelah sholat tahajud diatas susah untuk sobat hafalkan, maka sobat bisa mengamalkan doa ini sambil membaca secara langsung tanpa harus menghafalkanya atau sobat bisa berdoa setelah sholat tahajud dengan bahasa sobat sendiri karena Alloh Maha Pintar lagi Maha Mendengarkan.

Setelah selesai membaca bacaan doa setelah sholat tahajud tersebut, maka sobat bisa berbaring kembali ke tempat tidur sambil membaca Ayat Kursi, surat Al Ikhlas, surat Al Falaq dan surat An Nas atau sobat bisa sambil menunggu waktu sholat subuh dengan membaca bacaan Ayat Suci Al-Qur’an.

Oh ya, nantikan pula artikel lainnya yang berhubungan dengan artikel ini yaitu :
- Tata cara sholat tahajud dan witir
- Tata cara sholat tahajud 4 rakaat
- Tata cara sholat tahajud dan bacaannya
- Berapa rakaat sholat tahajud
- Niat sholat witir
- Tata cara sholat tahajud yang benar
- Keajaiban sholat tahajud
- Waktu sholat tahajud



============================

LAGI PROMO

Jadwal Sholat Digital
Tasbih Digital
Kitab Istikhoroh
Kaya dengan Tahajud
Dahsyatnya Sholat Tahajud dan Hajat
==========================
Back To Top